Dishub Baubau Rancang Aplikasi Deteksi Gangguan PJU

BAUBAU, Rubriksultra.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau mulai mentransformasikan pelayanan ke teknologi digital. Teranyar aplikasi pendeteksi gangguan pada Penerangan Jalan Umum (PJU) sementara dirancang.

Kepala Dishub Baubau, Abdul Karim mengatakan di zaman 4.0 suka atau tidak suka, semua sudah harus mengarah kepada serba digital.

“Kita Dinas Perhubungan ini mencoba dengan aplikasi yang mendeteksi gangguan PJU,” ucap Abdul Karim dikonfirmasi di kantornya, Rabu 28 September 2022.

Abdul Karim tidak menjelaskan secara spesifik aplikasi yang mendeteksi gangguan PJU tersebut. Namun, mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Baubau ini mengurai bahwa aplikasi itu merupakan proyek perubahan garapan Kepala Bidangnya di Dishub Baubau yang sementara mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) III.

PJU yang ada di jalan Betoambari menjadi obyek survei penerapan aplikasi tersebut. Bila berjalan efektif dan terakses dengan bagus, maka semua PJU di Kota Baubau akan menerapkan hal itu. “Nantinya setiap ada gangguan PJU dapat terkoneksi dan diketahui melalui aplikasi.

“Sejauh ini, pengaduan gangguan PJU masih offline atau luar jaringan seperti SMS serta aspirasi warga dan anggota DPRD. Olehnya itu jika uji coba sukses, maka kita siap melengkapi persyaratan dan mendorong anggaran aplikasi pendeteksi gangguan PJU tersebut,” tandasnya. (adm)

 

Sumber : https://rubriksultra.com

Laporan : Ady