Dishub Kota Baubau Gelar Lomba Antar Mitra Insan Perhubungan Pada Harhubnas 2023

Baubau - Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53 tahun 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Baubau melaksanakan berbagai kegiatan serta perlombaan antar mitra insan perhubungan.

Rangkaian kegiatan dan lomba memperingati Harhubnas di Kota Baubau dibuka oleh Pj. Dr. Rasman Manafi yang di wakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau Arlis, S.Pd., M. Pd berlangsung di Aula Bandar Udara Betoambari, Jum’at (29/09/2023).

Arlis dalam sambutannya mewakili Pj. Wali Kota menyampaikan, guna memperingati Harhubnas tahun ini diadakan berbagai kegiatan dan lomba untuk memberikan semangat kepada mitra insan perhubungan.

“Pada kesempatan ini kita dipertemukan dalam pembukaan rangkaian kegiatan memperingati Hari Perhubungan Nasional yang ke-53. Tentunya ini bukan sekedar acara ramai-ramai, tetapi kegiatan ini untuk memperingati dan memberikan semangat kepada kita semua sebagai mitra insan perhubungan, sesuai dengan tema Harhubnas tahun 2023 yaitu Melaju Untuk Transportasi Maju," ungkapnya.

Arlis meminta semua mitra dapat bekerja sama, didorong oleh semboyan perhubungan "Wahana Manghayu Warga Pertiwi" yang memiliki arti bahwa perhubungan merupakan wahana untuk menyejahterakan bangsa dan negara.

"Kebersamaan dan semangat itu yang memotivasi kita agar bekerja sesuai dengan tugas dan tanggungjawab kita masing-masing, demi melayani masyarakat dengan lebih baik, sesuai semboyan perhubungan," ujarnya. 

Mengakhiri sambutan, Arlis berharap semua peserta lomba dapat mengikuti dan mendukung dengan menjaga sportifitas serta  solidaritas, sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. 

“Tetap dukung kegiatan yang sudah dirancang oleh panitia dengan menjunjung tinggi sportifitas dan solidaritas, sehingga semua kegiatan Harhubnas mulai saat ini hingga sampai pada saat puncak acara nanti, dapat berjalan dengan baik," pesannya. 

Sementara ketua panitia kegiatan, Rudi, dalam laporannya menyatakan, berbagai kegiatan diselenggarakan dalam memperingati Harhubnas tahun ini dan semoga dapat terus berlanjut serta berkesinambungan bahkan sampai lingkup kepton atau sultra kedepannya.

Arlis mengatakan, beberapa jenis lomba dan pertandingan memperingati Harhubnas kali ini yaitu pertandingan futsal, tenis meja, bulu tangkis, dan gaplek yang diselenggarakan pada malam ramahtama.”sebutnya

Setelah acara pembukaan rangkaian kegiatan Harhubnas tahun 2023 di Kota Baubau, dilanjutkan dengan pemotongan pita pertanda kegiatan lomba insan perhubungan siap dilaksanakan.

Turut hadir dalam pembukaan Harhubnas, Kepala KSOP Kelas II Kota Baubau, Kepala UPBU Betoambari Baubau, Kepala BPTD Wil. XVIII Sulawesi Tenggara, Kepala UPTD Terminal Perhubungan Prov. Sulawesi Tenggara, Kepala BASARNAS Kota Baubau, Kepala SATLANTAS Polres Baubau, GM PT. ASDP Indonesia Ferry (PERSERO) Cabang Baubau, GM PT. PELNI Cabang Baubau, Kepala Cabang Kalla Toyota Baubau dan pejabat, ASN dan honorer Dinas Perhubungan Kota Baubau, serta mitra insan Perhubungan.

Memperingati Harhubnas tahun ini, Kementerian Perhubungan meluncurkan Tema dan Logo Hari Perhubungan Nasional 2023. Arti dari logo dengan desain modern dinamis tersebut memberi makna bahwa Kementerian Perhubungan siap bergerak untuk melesat maju bersama stakeholder dan seluruh elemen bangsa Indonesia, demi terciptanya transportasi maju. Adapun penggunaan warna ungu bermakna sebagai simbol ketulusan hati dan kesetiaan, yang dapat diterjemahkan bahwa pelayanan dari insan transportasi dilakukan dengan tulus dari hati.

Sedangkan tema “Melaju Untuk Transportasi Maju” memiliki makna bergerak secara konsisten dan menggelorakan semangat dalam melakukan transformasi dan inovasi mewujudkan transportasi maju.